Sabtu, 09 April 2016

Usaha Bersama Mengolah Produk Kelapa Di Depok

Posted by ukmdepok on November 4th, 2014

UKMDepok.co.id – Nyiur kelapa melambai di sepanjang pantai bukan sekadar syair pemanis lagu. Dimulai dari akar, batang, nyiur, sabut, air kelapa dan buahnya dari satu pohon kelapa semuanya bermanfaat untuk kehidupan manusia. Air kelapa sangat berguna untuk menggantikan cairan tubuh sedangkan daging buahnya mempunyai kandungan serat tinggi untuk melancarkan pencernaan.
Indonesia sebagai negara dengan perkebunan kelapa terluas di dunia banyak dilirik negara Eropa dimana mereka sedang gencar memasyarakatkan penggunaan minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) dan produk turunannya.
Adalah Wisnu Gardjito, profesor, dosen, pengusaha, dan seorang ahli kelapa dunia yang mendirikan komunitas The Green Coco Island (TGCI) yang mengembangkan produk olahan kelapa. Diantaranya adalah VCO dan Extra VCO, minyak goreng kelapa putih, sabun, sirup air kelapa, mie kelapa, bioetanol, produk kecantikan, produk kesehatan, hingga konstruksi jalan raya yang semuanya dari kelapa. Ada sekitar 250 produk olahan kelapa dan jika dikembangkan bisa hingga 1600 item.
.
Komunitas TGCI yang bermarkas di Komplek Permata Duta Cilodong Depok sering mengadakan pelatihan dan pengolahan produk kelapa. Komunitas ini sudah ada di banyak tempat di Indonesia berupa cluster-cluster dan terbentuk menjadi sistem usaha bersama.
Kegiatan koordinasi dan kumpul komunitas biasanya setiap hari Sabtu pagi di markas TGCI. Jika ada yang ingin berkunjung di hari kerja juga bisa.
Untuk yang mau bergabung sebagai tenaga pemasaran atau produksi atau ikut gabung komunitasnya saja, silakan inbox :
facebook pak Wisnu Gardjito atau melalui Vadli Mukhlis ( http://www.fb.com/vadli ) SMS/WA 081385782354.
Artikel lain: http://www.merdeka.com/peristiwa/kisah-sukses-wisnu-gardjito-mengolah-1600-produk-kelapa.html
Like fanpage : https://www.facebook.com/TheGreenCocoIslandproduk olahan kelapa

2 komentar:

  1. maaf, tolong edit artikelnya ya... dihapus link fb dan no.kontak saya.

    saya sudah tidak lagi di TGCI

    terimakasih.

    BalasHapus
  2. maaf, tolong edit artikelnya ya... dihapus link fb dan no.kontak saya.

    saya sudah tidak lagi di TGCI

    terimakasih.

    BalasHapus